Friday, August 31, 2012

Buat Icon Flashdisk Sendiri

0 komentar
Assalamualaikum...

http://files.myopera.com/cugh/blog/Flash%2BDisk.pngPada post kali ini saya akan mempostingkan tentang cara membuat icon pada flashdisk sendiri...

Langsung saja kita ke TKP (Tempat Kejadian Popo)





Langkah¨ nya adalah...
1.Sobat harus memiliki sebuah program yang dinamakan icofx terlebih dahulu yang bisa dipakai pada Windows XP dan Vista bagi sobat yang belum memiliki program tersebut bisa di Download disini.

2.Setelah didownload, program tersebut sobat instal di Pc atau laptop sobat.

3.Pilih sebuah foto yang ingin sobat jadikan icon, Edit foto tersebut dan ubah ukuran gambar menjadi 48×48 pixel. Kemudian simpan dengan format .jpeg atau .bmp

4.Selanjutnya buka program icofx. Klik menu file > import image, kemudian pilih dan buka gambar yang sudah diubah tadi. Terus, akan muncul new image, pada pilihan color beri tanda pada true color+alpha channel (32bits) dan bada size tandai ukuran 48×48. Klik OK. Seperti gambar di bawah ini :


Lalu segera sobat save atau simpan gambar tersebut dan icon sendiri sudah jadi.

5.Langkah selanjutnya pindahkan  icon tersebut pada flashdisk sobat dan buatlah file autorun, agar icon yang sobat buat tadi bisa ditampilkan. Caranya buka notepad kemudian tuliskan command seperti ini :
[AutoRun]
icon = namaicon.ico ( contoh -> icon : ilmy blog.ico )
Sobat harus membuat nama icon persis sama dengan file yang digunakan. Misal, file icon yang saya buat bernama ilmy blog.ico, maka sobat mesti menuliskan nama yang sama pada autorun, contoh :
[AutoRun]
icon = ilmy blog.ico



jika sudah, save as program notepad tersebut dengan nama autorun.inf, selanjutnya pindahkan file autorun tersebut ke dalam flashdisk sobat lalu letakkan pada tempat yang sama dengan icon yang tadi(jangan dimasukkan kedalam folder).Untuk membuktikannya, cabut flashdisk sobat telebih dahulu kemudian masukkan lagi maka icon flashdisk sobat telah terganti dengan icon sobat sendiri. Terakhir, biar lebih elegan dan terkesan misterius sembunyikan file tersebut dengan cara klik kanan file tersebut pilih properties dan pilih hidden. Hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Pesan :

jika sobat tidak memiliki software icofx tersebut, sobat juga bisa menggunakan icon-icon lain yang sobat miliki. terserah icon seperti apa, yang penting formatnya.ico. Sobat juga bisa membuat autorun ini pada sebuah CD/DVD disaat memburning data atau file sobat.

Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba!!!!

Sumber : http://ielmy.wordpress.com.

Wassalam...

Leave a Reply